Rabu, 12 November 2014

Cara Membuat Alat Penyaring Air Sederhana 9 Lapis

Cara Membuat Alat Penyaring Air Sederhana 9 Lapis

in Blog
Kali ini kita akan mengulas cara membuat alat penyaring air sederhana dengan 9 lapis penyaringan. Kemarin kita sudah membuat penjernih air sederhana dengan saringan katun, kapas, dan sistem aerasi. Mungkin cara kemarin terlihat sangat simpel dan anda masih ragu apakah benar dengan teknis seperti itu bisa menjernihkan air bukan? Kita akan menjawabnya hari ini dengan memadu padankan skema penyaringan air yang kemarin kita buat namun masih tetap sederhana tanpa banyak biaya.
Air bersih memang kadang masih menjadi hal yang sulit di beberapa daerah. Kemungkinan besar karena daerah tersebut belum tercakup kawasan PDAM. Juga belum ada sumber air yang bisa dimanfaatkan dengan baik. Atas dasar itulah tutorial alat penyaring air sederhana ini mungkin bisa di aplikasikan untuk daerah-daerah tersebut. Asalkan anda mau.

Inilah Cara Membuat Alat Penyaring Air Sederhana 9 Lapis

Cara Membuat Alat Penyaring Air Sederhana 9 Lapis

Persiapan Bahan-Bahan Penyaringan Air

Pertama kali yang akan kita lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan. Bahan yang saya sebutkan di bawah ini cukup mudah dicari.
  • Wadah/drum untuk air keruh, tempat penyaringan, dan air hasil saringan.
  • Pipa atau selang
  • Arang tempurung kelapa
  • Ijuk atau serabut kelapa
  • Batu dan kerikil
  • Pasir halus
  • Tempat bertingkat
Alat yang akan kita buat ini sifatnya masih eksperimen. Jadi tidak perlu wadah yang besar dan juga belum perlu jumlah yang banyak. Kalau eksperimen yang anda lakukan ini sudah berhasil, maka boleh anda lakukan dengan skala yang lebih besar.
Untuk pipa, panjang dan jumlahnya menyesuaikan dengan skema gambar. Jumlah arang, ijuk, batu dan kerikil juga menyesuaikan dengan gambar dan besaran tempat yang anda pakai. Untuk tempat bertingkat digunakan untuk peletakan wadah atau drum. Asalkan anda bisa membuat posisi wadah bertingkat itu juga tidak masalah. Yang penting anda paham prinsip air yaitu air mengalir dari atas ke bawah.

Cara Membuat

Berikut ini cara membuat alat penyaring air sederhana dan langkahnya.
  • Lubangi wadah pertama separo tingginya dan masukkan selang atau pipa. Isikan dengan batu kerikil hingga 1/4 sampai 1/2 tinggi wadah. Selanjutnya kita namakan tempat ini wadah 1 atau tempat pengendap.
  • Untuk wadah kedua, usahakan tingginya minimal 130 cm. Lubangi bagian bawah 5 cm dari dasar dan masukkan selang atau pipa. Masukkan ijuk, serabut, batu, kerikil, pasir halus, dan arang sesuai posisi dan tinggi di gambar. Selanjutnya kita namakan ini wadah 2 atau tempat penyaringan.
  • Wadah ketiga tidak usah di isi apa-apa. Wadah ini harus bersih. Selanjutnya kita namakan ini wadah 3 atau tempat penampungan air bersih

Cara Kerja

Langsung tuangkan air keruh atau sumber air yang anda masih ragu kualitasnya dari atas menuju ke wadah 1. Secara otomatis jika posisinya sesuai gambar, air akan mengalir dari wadah 1 ke wadah 2 dan akhirnya menuju ke wadah 3 atau tempat penampungan air bersih. Selesai.
Jika anda tidak mau seribet dan serumit ini, anda bisa memakai penyaring air dari nicofilter. Alat penyaring kami sudah dibuat berdasarkan teknologi modern. Air yang dihasilkan memiliki kualitas yang lebih baik. Proses pemakaian dan perawatannya juga sangat mudah. Tidak serumit skema cara membuat alat penyaring air sederhana di atas ini. Anda langsung bisa memakainya di rumah. Silakan hubungi kami segera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar