Rabu, 12 November 2014

Pengertian motor injeksi

Pengertian motor injeksi




                                                                                                           

Assalamualaikum Wr.Wb.
salam injeksi semua kawan kawan ,,,,,,,,                                                                                                               
 em seringkali kita mendengar orang orang berbicara mengenai teknologi Injeksi  atau seringkali kita melihat iklan baik dari TV,radio dll mengenai sebuah kendaraan yang menggunakan sistem / teknologi injeksi,banyak yang di unggulkan terhadap motor injeksi  katanya ,,, yakni antara lain lebih irit Bahan bakar, performa mesin semakin bagus dan juga untuk masalah sisa gas pembakaran dikatakan lebih ramah lingkungan.
Bro dan sis sebelumnya sanya tidak tertarik mengenai injeksi soalnya saya ngak paham mengenai sistem injeksi itu seperti apa,,,,tetapi untuk sekarang ini rasa ketidak tertarikan saya berubah menjadi kecintaan yang luar biasa terhadap sistem injeksi,,( terutama pada motor kesayangan saya <<<heheh ). Taungak kenapa bro dan sis ,,,yups itu karena saya sempet ketumu dengan seseorang yang paham betul mengenai injeksi,,, tentunya saya mintak penjelasan kepada beliaunya ,,,,dan untuk kali ini saya akan cobak kasih pemahaman sistem injeksi kepada bro dan sis sekalian.
Bro dan sis ternyata sistem injeksi  “FI” itu adalah teknologi yang canggih yang untuk teknologi ini pertamakali diterapkan pada sebuah pesawat terbang. Perlu diketahui juga bahwa selain sistem injeksi ada juga sistem yang muncul sebelum injeksi yakni sistem karburator,,,tetapi tahun demi tahun lambat tahun kendaraan yang memakai karburator mulai ditingkalkan,,,,maka dari itu kali ini saya ngak akan membahas sistem  karburator melainkan yang saya bahas kali ini adalah sistem injeksi.
Ok lansung saja pada topic pembahasan bro sis,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,                                                                                              Pertama tama yang harus kita pahami mengenai  injeksi adalah artian kata dari injeksi  FI biasanya orang menyebutnya ,,,, kata injeksi atau “FI”memiliki kepanjangan yakni : F = Fuel ( bahan bakar ),I=Injection ( bahan bakar )Nah bro dan sini bisa kita simpulkan bahwa artian kata “FI” adalah Fuel Injection ( bahan bakar yang di semprotkan ),,,,,,,,jadi untuk bahan bakar yang akan dibakar bersamaan dengan udara di dalam ruang pembakaran itu dasarnya adalah dengan penyemprotan atau pengkabutan  bahan bakar yang dilakukan oleh komponen yang mempunyai nama Injector. Dari sisni keuntungan dari pengkabutan yang didapat secara lansung adalah untuk prosems atomisasi/percampuran bahan bakar dengan udara itu semakin bagus dan untuk imbasnya dapat diperoleh  sebuah pembakaran bahan bakar yang lebih sempurna,,,,,alias bahan bakar yang dibakar habis terbakar secara sempurna .
Bro dan sis untuk imbas dari pembakaran yang sempurna ini juga bisa mempemgarui performa dari kerja mesin itu sendiri loh,,,,,yakni untuk tenaga yang dihasilkan oleh mesin pastinya lebih maksimal karena pembakarannya sempurna maka imbas yang terakhir adalah untuk gas sisa pembakaran bisa dikatakan lebih ramah lingkungan. Bro dan sis sistem injeksi ini adalah sistem yang bisa dikatakan suatu sistem yang memiliki keunggulan lebih cerdas dibandingkan dengan sistem sistem sebelumnya( karburator ) kareana pada sistem injeksi itu dilengkapi dengan sebuah perangkat komponen komponen pendukung kerja sistem injeksi yang canggih.
Seperti halnya untuk sistem injeksi itu dibagi menjadi 3 bagian utama penting  yang dapat menunjang kerja dari sebuah sistem ini, antara lain pada sistem injeksi terdapat beberapa SENSOR yang bertugas mengetahuai atau mendeteksi kondisi mesin dan lingkunga sekitar, terus dalam sistem injeksi terdapat yang namanya ACTUATOR atau bias kita katakana sebagai komponen komponen sistem injeksi yang bertugas sebagai pelaksana kerja sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh control/otak dari sistem injeksi tersebut,,,,, yang ketiga disini dijelaskan bahwa sistem injeksi itu terdapat sebuah CONTROL atau sebuah otak dari sistem injeksi yakni yang memiliki nama ECU ( engine control unit ) fungsi dari ECU ini adalah sebagi penerima laporan dari sensor dan penyuru komponen actuator untuk bekerja sesuai dengan kondidsi mesin/lingkungan yang datanya didapat dari laporan komponen sensor.
Nah berarti dasar dari sistem fi ini sama halnya kerja dari pada tubuh manusia,,,,,seperti contoh  analogi kerja sistem injeksi dibawah ini :
Em apakah bro sis bingung melihat gambar yang ada diatas,, em tenag aja disini saja jelasin kok,,,,,Jadi  gini bro sis mengapa kok kerja sistem injeksi sama seperti kerja  pada tubuh manusia,,,,,nih ceritanya brow,
Ketika manusia berjalan di luar ruangan dan saat itu pula kita terkena sinar matahari pasti pertamakali yang kita rasakan adalah panas,,,,,em pana pastinya pertama dirasakan oleh kuli yang ada di tubuh kita,,,,,nah dari sini bisa kita artikan bahwa kulit adalah bagian dari pada sensor yang terdapat pada tubuh kita yakni terbilang sensor suhu dan lingkungan sekitar kita,,,,,setelah kulit merasakan panas pastinya kulit tidak akan diam saja pasti kulit akan melaporkan hasil temuannya tadi kepada yang ber wenag untuk berfikir yakni otak,,,,,,nah dari otak kondisi laporan dari kulit tadi itu diolah atau dipikirkan ,,,,,apa ya enaknya yang harus dilakukan kalau kondisi pana tubuh kita kepanasan ,,,,,? Em pastinya kita pergi pada tempat yang lebih teduh lagi,,,,,dengan cara otak menyuruh actuator untuk bergerak ,,,,, contohnya otak akan menyuruh  kaki untuk berjalan ke tempat teduh,,,,,untuk motor injeksi juga sama diya juga punya yang namanya sensor,control dan actuator,,,,, contoh satu saja ketika motor injeksi mesinnya udah panas berlebihan yakni sekitar 100 derajat maka sebuah sensor suhu mesin yang terdapat pada  motor akan melaporkan kondisi tersebut kepada otak dari motor tersebut yakni ECU ( engine control unit ) ketika laporan sudah masuk pada ECU maka laporan tersebut akan dikelolah, dan pada saat kondisi mesin panas atau over heating maka hal yang harus dilakukan adalah menambah pendinginan pada mesin,,,,,mak dari  itu ECU memerintahkan yang namanya kipas pendingin untuk membantu proses pendinginan pada motor tersebut.
Selain cara kerjanya yang terkontrol sistem injeksi ini juga sangat mudah untuk masalah perawatannya ,,,,, soalnya kalau saya lihat khususnya di dealer /bengkel remi tempat saya servis motor injeksi saya,,,,, untuk servisnya itu Cuma butuh waktu sebetar beda dengan waktu saya servis motor tipe karburator,,,,,kalau saya lihat sih wajar wajar saja kareana untuk perawatannya saja sudah menggunakan sistem computer,,,,,prosesnya pastinya lebih akura, lebih cepat, dan tidak banyak membuang waktu kita untuk nunggu terlalu lam di bengkel.
Nah jadi inilah brow dan sis yang membuat teknologi injeksi lebih unggul dibandingkan dengan teknologi yang terdapat pada sistem sebelumnya.                                                                                                                  
Ok ini saja brow gak usah banyak banyak yang penting sedikit penjelasan yang saya berikan mengenai injeksi ini bisa bermanfaat untuk bro dan sis sekalian.
Salam injeksi.
Tq.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar